Home » » Kupas Tuntas Ratu Balqis

Kupas Tuntas Ratu Balqis

Written By Hendri Nova on Rabu, 01 Juli 2009 | 18.02

Kisah tentang Ratu Balqis atau Bilqis dari negeri Saba', begitu terkenal sepanjang zaman. Sehingga dalam Alquran pun, ada surat khusus yang membahas negeri ratu cantik tersebut. Kisahnya yang bertepatan dengan kenabian Sulaiman AS, sempat menghembuskan kabar yang akhirnya menimbulkan salah persepsi.

Banyak orang yang beranggapan, bahwa nabi Sulaiman AS akhirnya menikah dengan ratu Balqis, setelah ia tunduk kepadanya. Sesungguhnya, kejadian waktu itu tidak demikian. Sangat disayangkan memang, akhirnya banyak timbul anggapan, telah terjadi pernikahan di antara keduanya.

Kisah penakhlukan Ratu Balqis, bermula dari laporan burung Hudhud. Waktu itu, dalam pertemuan besar-besaran makhluk-makhluk yang tunduk dalam kekuasaan raja Sulaiman, hanya Hudhud saja yang tidak datang. Rupanya, sewaktu ia datang, ia membawa kabar tentang penduduk negeri Saba' dengan ratunya Balqis, hidup dengan menyembah matahari.

Berdasarkan laporan itu, Sulaiman mengadakan tantangan pada pengikutnya, akan siapa yang bisa membawa istana Balqis kepadanya, dalam waktu singkat. Akhirnya, didapatlah seseorang yang sanggup membawa istana ratu Balqis dalam satu kejapan saja.

Balqis dibuat terheran-heran, karena Sulaiman mengubah sedikit corak istananya. Ia hampir tidak mengenali istananya sendiri, karena begitu sulitnya untuk diungkapkan kembali. Dari situlah ia berfikir, untuk tunduk saja pada Sulaiman. Karena kalau Sulaiman mau, maka negerinya yang kecil dengan mudah bisa dihancurkan.

Kekaguman sejarah terhadap Ratu Balqis, karena rasa cintanya pada rakyat. Ia tidak mau membawa mereka dalam peperangan, karena hanya akan menyengsarakan kehidupan mereka. Keputusannya untuk berdamai, benar-benar patut diacungi jempol.

Buku berjudul Pesona Ratu Bilqis, The Queen of Saba ini, khusus mengupas siapa sebenarnya ratu Balqis. Tidak hanya dalam tinjauan Alquran, tapi juga menurut kitab Taurat. Selain itu, juga dimuat penggalian-penggalian sejarah, terkait peninggalan sejarah negeri Saba' dan kerajaan Balqis. Tentu saja, sekaligus penggalian akan keberadaan kerajaan Sulaiman AS.

Buku ini juga membahas tuntas akan akhir hidup Sulaiman AS dan juga akhir riwayat negeri Saba'. Sebagaimana dikabarkan dalam Alquran, negeri Saba' akhirnya dibinasakan juga oleh Allah SWT, karena penduduknya telah mengingkari nikmat Allah SWT. Kebun-kebun mereka dengan buah yang ranum, berubah menjadi kebun-kebun yang berisi pohon pahit. Amirul Hamdi

Judul : Pesona Ratu Bilqis, The Queen of Saba
Penulis : Ahmad Rabi' Abdul Mun'im
Penerjemah : Yasir Maqasid, LC dan Andi Muhammad Syahril
Penerbit : Pustaka Al Kautsar
Cetakan : Pertama, Februari 2009
Tebal : 168 Halaman

0 komentar :