Home » » Splice, Akibat Menyalahi Kodrat

Splice, Akibat Menyalahi Kodrat

Written By Hendri Nova on Sabtu, 24 Juli 2010 | 00.38


Elsa (Sarah Polley) dan Clive (Adrien Brody) ahli rekayasa genetika sangat suka melakukan penelitian dan percobaan penggabungan berbagai DNA makhluk hidup, untuk mendapatkan spesies baru. Bersama dengan timnya, mereka sukses membuat sepasang binatang yang mirip dengan teripang berukuran raksasa.

Mereka sangat takjub dengan ciptaannya itu. Apalagi ketika melihat proses perkenalan kedua makhluk yang dinyatakan sebagai jantan dan betina. Temuan besar ini rencananya akan ditunjukkan pada publik, setelah serangkaian penelitian lanjutan.

Sementara Elsa, makin terobsesi menggabung antara DNA manusia, dinosaurus, burung dan lainnya. Walau harus menanggung resiko menyalahi kode etik, Elsa bersikukuh tetap ingin mendapat hasil terbaik.

Awal-awalnya ia gagal, walau akhirnya berhasil juga. Satu makhluk kini dalam proses menuju kelahiran dalam tabung khusus.

Beberapa hari kemudian, tabung berguncang hebat dan mengalami kebocoran di sana sini. Elsa nekat memasukkan tangannya ke dalam tabung, dan tiba-tiba ia merasa ditarik ke dalam.

Clive dengan cekatan membongkar isi tabung untuk menyelamatkan Elsa. Ia berhasil, dan makhluk dalam segumpal daging jatuh ke lantai. Makhluk itu ditutup dengan wadah plastik, agar tidak lagi bergerak liar.

Setelah menenangkan Elsa yang mendadak kejang-kejang dengan suntikan, bakal makhluk hidup itu dimasukkan dalam inkubator. Beberapa hari makhluk itu tenang, tapi hari berikutnya, ia tiba-tiba menghilang dari plasenta yang membungkusnya.

Elsa dan Clive kemudian menemukan sesosok makhluk yang berdiri dengan kedua kakinya, laksana T-Rex. Dua tangannya kecil, tanpa rambut, mulut seperti mulut anjing dan ada belahan di tengah kepala. Makhluk itu diberi nama Dren (Delphine Chaneac)

Clive memiliki firasat buruk kalau makhluk itu sangat berbahaya. Sayang Elsa ngotot ingin memelihara sampai ia dewasa. Secara diam-diam mereka membawanya ke rumah di tengah hutan, ketika Dren sudah beranjak dewasa.

Di rumah itu, sepasang suami istri melakukan hubungan badan. Dren menyaksikan itu di balik tirai kamar. Rupanya, Dren sangat terobsesi dengan apa yang dilihatnya. Hingga suatu hari, ia nekat mencegat Clive untuk melayaninya pula.

Saat kedua insan itu sedang hanyut, Elsa tiba-tiba datang. Keduanya terlibat pertengkaran, namun segera damai. Mereka kemudian kembali menemui Dren, karena kuatir terjadi sesuatu dengan dirinya.

Soalnya, dua makhluk yang mereka ciptakan sebelumnya telah tewas karena keduanya berubah tiba-tiba jadi jantan. Elsa kuatir, Dren juga berubah jadi lelaki. Kekuatirannya itu akhirnya terbukti. Dan kematianpun mengintai keduanya.

Film besutan Sutradara Vincenzo Natali ini, bisa jadi peringatan bagi ahli rekayasa genetika agar tidak bermain-main dengan ilmu yang mereka miliki. Jangan menentang kodrat, dengan mencoba-coba mendahului kemampuan Sang Pencipta.

Anak-anak dilarang untuk menonton film ini, karena menampilkan pornografi. Walau tidak terlalu vulgar, tentunya sangat mengganggu jika ditonton pula bersama keluarga. Hendri Nova

Jenis : Horor
Pemain : Sarah Polley, Adrien Brody, Delphine Chaneac, Brandon McGibbon
Sutradara : Vincenzo Natali

0 komentar :